Pelatihan How To Become A Superhero untuk Meningkatkan Psychological Capital dan Job Performance pada Karyawan Instansi TCA

  • Indah Mutiara Putri Fani Universitas Indonesia
  • Endang Parahyanti Universitas Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami hubungan antara psychological capital dan job performance, serta melihat efektifitas intervensi pelatihan untuk meningkatan psychological capital dan job performance. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan lembaga pemerintahan instansi TCA. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner job performance (Koopmans, 2014) (Alpha Cronbach =0.88) dan kuesioner psychological capital (Lunthas et al., 2015) (Alpha Cronbach =0.92). Hasil uji korelasi person menunjukkan hubungan positif signifikan antara psychological capital dan job performance (r=.79 dan p<0.01). Selanjutnya dari hasil korelasi dilakukan intervensi pelatihan how to become superhero yang bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan psychological capital dan job performance. Pada penelitian ini evaluasi pelatihan dilakukan hingga tahap pengetahuan psychological capital. Hasil uji wilcoxon Signed Rangks Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan psychological capital dari karyawan setelah diberikanya intervensi pelatihan psychological capital(Z =-3.283 dan p<.05). Dengan hasil tersebut pihak instansi TCA dapat menjadikan pelatihan psychological capital sebagai program pengembangan diri karyawan agar dapat meningkatkan job performance.

Published
2019-10-21
How to Cite
FANI, Indah Mutiara Putri; PARAHYANTI, Endang. Pelatihan How To Become A Superhero untuk Meningkatkan Psychological Capital dan Job Performance pada Karyawan Instansi TCA. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 18-29, oct. 2019. ISSN 2550-0783. Available at: <http://jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/85>. Date accessed: 12 nov. 2019.