Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia (Study Kasus Departemen Component F1)

  • Purwanti Purwanti Universitas Pelita Bangsa
  • Angga Mardiana Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia. Metode penelitian ini adalah eksplanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya hubungan, pengaruh atau perbedaan dari satu variabel terhadap variabel lainnyauntuk menguji hipotesis sehingga memberikan suatu gambaran gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Panasonic gobel energy Indonesia. Populasi diartikan sebagai seluruh anggota kelompok yang sudah ditentukan karakteristik yang dimiliki oleh populasi sebanyak 200 orang dan samplenya sebanyak 134 orang.


Terbukti dari hasil uji T, diperoleh t hitung > t tabel  ( 3.940 > 1.97824 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi H1 secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.


Terbukti dari hasil uji T, diperoleh t hitung > t tabel  (12.880 > 1.97824 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi H2 Motivasi secara parsial berpengaruh positiif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai t hitung positif, artinya semakin meningkat motivasi kerja maka semakin meningkat pula kinerja karyawan.


Terbukti dari hasil uji F, diperoleh nilai f hitung > f tabel  (214.893 >3.07 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi H3 gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Dari hasil regresi berganda didapat Y = 1.079+0.277X1 +0.741X2, bahwa variabel motivasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja dibandingkan dengan variabel gaya kepemimpinan

Published
2019-04-26
How to Cite
PURWANTI, Purwanti; MARDIANA, Angga. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia (Study Kasus Departemen Component F1). Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 40-51, apr. 2019. ISSN 2550-0783. Available at: <http://jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/79>. Date accessed: 19 oct. 2019.