Kepatuhan Pajak Pada Dimensi Moralitas UMKM

  • Ingrid Panjaitan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Abstract

Penelitian ini memandang bahwa pemerintah perlu mempertimbangkan teori-teori keperilakuan dalam rangka menyusun kebijakan pajak untuk wajib pajak UMKM. Variabel dimensi moral pajak diprediksi dengan variabel kemasyarakatan dan variabel ekonomi. Tingkat moral pajak diprediksi akan mempengaruhi tingkat kepatuhan pajak. Adanya fenomena wajib pajak UMKM yang mengikuti tax amnesty periode I yang sedikit menarik peneliti untuk menguji bagaimana sebenarnya pengaruh dimensi moralitas pajak, didefinisikan sebagai motivasi dasar individu untuk membayar pajak, terhadap kepatuhan pajak UMKM di Kota Jakarta Utara. Dimensi moralitas pajak yang diuji adalah faktor demografi, sistem perpajakan, faktor pengelakan pajak, kondisi ekonomi dan tingkat kepercayaan. Penelitian ini juga melihat karakteristik budaya masyarakat untuk mendukung hasil penelitian. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini Wajib pajak Orang Pribadi yang memiliki UMKM di Jakarta Utara. Penelitian menggunakan data primer dengan penyebaran kuisioner penelitian. Responden penelitian ini adalah seluruh UMKM di Jakarta Utara.  Metode pengambilan sampel yang digunakan dalan penelitian ini adalah purposive sampling.

Published
2019-04-26
How to Cite
PANJAITAN, Ingrid. Kepatuhan Pajak Pada Dimensi Moralitas UMKM. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 30-39, apr. 2019. ISSN 2550-0783. Available at: <http://jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/78>. Date accessed: 19 oct. 2019.