Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Menggunakan Metode Full Costing dan Variabel Costing pada Perusahaan Subsektor Kesehatan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2020

Authors

  • Purwanti Purwanti Universitas Pelita Bangsa
  • Yollanda Sylvi Ramadhiana Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.51263/jameb.v6i1.129

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Full Costing, Variabel Costing

Abstract

Perhitungan harga pokok produksi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena semangkin meningkatnya persaingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menanalisis perbandingan antar perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing dengan metode variabel costing.

Penelitian ini dilakukan karena Perusahaan subsektor Kesehatan telah melakukan perhitungan Harga Pokok Produksi dan pengumpulan biaya yang telah dikeluarkan lalu dihitung dengan cara membagi seluruh biaya yang dikeluarkan. Namun cara tersebut kurang efektif dan tidak menghasilkan Harga Pokok Produksi yang wajar.

Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh emiten sub sektor kesehatan yang berjumlah 14 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan piranti lunak statistik Eviews 11.

Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa metode full costing dan metode variabel costing berpengaruh positif terhadap harga pokok produksi. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu lebih mudah dan sederhana menggunakan metode full costing dan variabel costing, metode ini juga layak untuk mengambil keputusan jangka panjang.

Downloads

Published

2021-10-30